Senin, 14 Januari 2013

Dampak Maksiat dan Dosa

Main api bisa terbakar, main air bisa basah dan berbuat dosa serta maksiat bisa berakibat fatal bagi diri kita pelaku maupun lingkungannya.
Diantaranya ialah :

1. Dosa dan maksiat menghalangi masuknya ilmu. Karena ilmu diibaratkan cahaya yang dipancarkan oleh Allah kepada hati. Maka dosa dan maksiyat bisa mematikan dan menghalangi cahaya tersebut.

2. Dosa dan maksiyat menghalangi datangnya rezeki, karena taqwa adalah penyebab datangya rezeki. Meninggalkan taqwa dan melakukan maksiyat berarti menolak rezeki.

3. Dosa dan maksiat menghalangi ketaatan orang yang banyak dosa dan maksyat tidak mungkin bisa taat kepada Allah.

4. Dosa dan maksiyat bisa melemahkan badan dan mengeraskan hati.

5. Dosa dan maksiyat bisa mengakibatkan umur pendek dan menghapus barokah sebagaimana kebaikan bisa memanjangkan umur dan menumbuhkan barokah.

6. Dosa dan maksiyat bisa melemahkan hati dan kemauan.

7. Dosa dan maksiyat menyebabkan kehinaan hamba dihadapan Rabbanya. QS.22:18

8. Dosa dan maksiyat seorang hamba akan semakin menumpuk selama ia masih menganggap remeh terhadap dosa. Hal semacam itu adalah alamat kebinasaan seorang Mas'ud berkata :" Sesungguhnya seorang mukmin memandang dosa seakan - akan ia berada dilereng gunung dan ia takut gunung itu akan menimpa dirinya, sedangkan orang kafir memandang dosanya seperti dihinggapi lalat (pada hidungnya).: HR.Bukhori dan lainya

9. Dosa dan maksyat merupakan warisan umat terdahulu yang telah dibinasakan oleh Allah SWT. maka orang yang suka bermaksiyat berarti mewarisi umat terdahulu yang mereka itu musuh - musuh Allah.

10. Dosa dan maksyat mewariskan kehinaan, sedangkan izzah sebenarnya adalah ketaatan kepada Allah.

11. Dosa dan maksiyat merusak akal sehat, karena sesungguhnya akal itu cahaya, sedangkan maksiyat adalah pemadam cahaya akal, jika ada cahayanya maka pasti kurang sehat dan lemah.

12. Dosa dan maksiyat apabila menumpuk, mengakibatkan kebutaan mata hati dan kelalaian bagi pelakunya.QS.83:14.

13. Dosa dan maksiyat menimbulkan kerusakan dibumi. rusaknya air, udara, pertanian, serta buah-buahan yang semuanya menimbulkan kemiskinan.QS. 7:96.

14. Dosa dan maksiyat akan menghilangkan rasa malu yang merupakan sumber hidupnya hati, sumber segala kebaikan. Hilanya berarti punah segalanya. HR.BukhorMuslim.

15. Dosa dan maksiyat melemahkan hati dalam mengagungkan kebesaran Allah lemahnya seorang hamba dalam mengagungkan kebesaran Allah, akan menimbulkan keberanian berbuat maksiyat dan berlaku durhaka.

16. Dosa dan maksiyat akan menyebabkan Allah melupakan hambanya serta membiarkan setan menemaninya. Ini merupakan suatu kebiasaan.

17. Dosa dan maksiyat mengluarkan seorang hamba dari lingkaran kebaikan dan akan menjadi tabir penghalang segala pahala dan keberkahan, karena apabila kebaikan (ihsan) menyentuh hati seseorang, ia akan menjauhkan perbuatan maksiyat.

18. Dosa dan maksiyat akan memusnahkan kenikmatan serta akan mendapatkan siksaan yang pedih . Ali bin abi Thalib berkata:" Tidak bala menimpa seseorang kecuali karena dosa dan bala' itu tidak akan hilang kecuali karena taubat ( lihat.QS.42:30, 8:53. )

19. Dosa dan maksiyat akan menimbulkan liar dan kegoncangan hati yang amat sangat. liar terhadap Rabb-nya, liar sesama makhluk, dan bahkan kepada dirinya sendiri.

20. Dosa dan maksiyat akan menimbulkan tidak normalnya hati dan hilangnya istiqomah.

21. Dosa dam maksiyat akan memudarkan cahaya hati, menghalangi masuknya ilmu, dan memjaditabir hidayah.

22. Dosa dan maksiyat menjatuhkan wibawa, reputasi dan kemuliaan damata allah dan manusia. Karena yang mulia disisi Allah adalah mereka yang bertaqwa dan yang paling dekat kedudukanya di sisi-nya adalah mereka yang thoat.

23. Dosa dan maksiyat menjadi penghalang hubungan antara Rabb dengan hamba, dan apabila hubungan telah terputus, maka putuslah kebaikan serta terbukalah pintu kejelekan.

24. Dosa dan maksiyat menghilangkan barokah umur, rezeki, ilmu, amal, taat Barakah dunia akherat.

25. Dosa menimbulkan rasa takut, was-was, dan khawatir.

Wallahu a’lam والله أعلم




Tidak ada komentar:

Posting Komentar